Sambutan Mendikbud Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015

Di Hari Pendidikan Nasional ini, atas nama pemerintah, izinkan saya menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua pelaku pendidikan di mana pun berada, yang telah  mengambil  peran  aktif  untuk  mencerdaskan  saudara  sebangsa.  Untuk  para pendidik di semua jenjang, yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik untuk  menjadi  manusia berkarakter  mulia,  yang  mampu  meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang hidup, terimalah salam hormat dan apresiasi dari kita semua.

Bapak, Ibu, dan Hadirin yang mulia,

Republik tercinta ini digagas oleh anak-anak muda terdidik dan tercerahkan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri Bhineka  yang  modern.  Sebuah  negara  yang  berakar pada  adat  dan  budaya  bangsa

nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan  prinsip  kesejajaran  dan  kesatuan  sebagai  sebuah  negara modern.
Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui  zamannya.  Gagasan dan perjuangan  yang  membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika. Dunia terpesona pada Indonesia, tidak saja karena keindahan alamnya, atau keramahan penduduknya, atau keagungan budayanya, tetapi juga karena deretan orang-orang terdidiknya yang berani mengusung ide-ide terobosan dengan ditopang pilar moral dan intelektual.

Download Sambutan MENDIKBUD HARDIKNAS 2015

No comments